Tips jitu Mengatasi Kebuntuan ide Menulis artikel

8/25/2017 09:41:00 AM
Tips Mengatasi Kebuntuan ide saat Menulis artikel Blog ini saya tulis tidak lain untuk memacu diri saya agar selalu semangat dalam menulis dan tidak merasa kebahisan ide dalam menulis artikel blog, tips ini jitu dan terbukti berhasil mengembalikan semangat saya dalam menulis artikel,  selain untuk diri saya pribadi artikel ini juga saya tulis deangan harapan bermanfaat bagi anda yang sedang mencari cara jitu untuk mengatasi kebuntuan ide/ kebingungan saat menulis artikel, karena tidak dipungkiri penulis sendiri sering mengalami kebuntuan / kebingungan saat ingin menambahkan tulisan/artikel baru pada blog informasiku ini . Mungkin berbeda dengan anda yang sudah terbiasa / hobi menulis, bercerita, atau memang anda termasuk orang yang jenius sehingga anda mudah mendapatkan ide baru untuk anda tulis pada artikel blog anda.

Banyak faktor yang dapat membuat anda kebingungan atau bahkan merasa kehabisan ide dalam menulis artikel sehingga anda kesulitan memunculkan ide- ide baru, bahkan sampai merasa bosan untuk membuat artikel baru, yang pada akhirnya blog anda terbengkalai.

Tips jitu Mengatasi Kebuntuan ide Menulis artikel
source : 3djaya.blogspot.co.id
Setiap orang pasti mempunyai tips dan trik nya sendiri dalam mengatasi rasa bosan dalam membuat sebuah postingan/ artikel, begitupun saya, saya mempunyai beberapa tips dan trik yang biasa saya lakukan ketika saya mengalami kebuntuan atau rasa bosan saat ingin memuat suatu artikel pada blog saya. Jika anda tertarik dengan tips yang akan saya berikan anda boleh pantau terus tulisan ini.

Kebuntuan / kebingungan saat ingin menulis artikel baru biasanya menghinggapi para blogger terutama blogger pemula seperti saya ini, mungkin beberapa faktor berikut juga pernah anda alami, sehingga saat beberapa faktor tersebut muncul, anda menjadi malas untuk membuat sebuah artikel baru.

Tips untuk Mengatasi Kebuntuan ide saat Menulis artikel

Beberapa Tips ini mungkin dapat mengatasi kebuntuan ide  dan membuat anda bersemangat untuk menulis artikel baru.

Tips jitu Mengatasi Kebuntuan ide Menulis artikel
source : pokakpedia.wordpress.com

1. Menentukan dan mengenali Topik/ judul blog sejak awal

Mengatasi kebuntuan ide dengan menentukan topik blog sejak awal

Menentukan suatu Topik / judul blog haruslah diperhitungkan dengan baik sejak awal atau saat anda akan membuat blog, karena hal ini sangat penting,  jika anda asal - asalan dalam membuat Topik suatu blog maka kemungkinan suatu saat anda akan mengalami kebuntuan ide dalam membuat artikel - artikel untuk blog anda, jadi buatlah suatu topik blog yang isinya memang anda kuasai, misalkan anda membuat blog yang membahas tentang reparasi/ service komputer dan laptop, maka sebaiknya pemahaman anda tentang komputer cukup mempuni/ luas, sehingga anda tidak akan mengalami kendala/ kebingungan saat ingin menulis artikel tentang komputer, Karena dengan menguasai suatu topik anda akan rajin dan semangat dalam membuat artikel untuk topik tersebut, jadi intinya tentukan tema untuk blog anda yang sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan anda dan tentunya anda harus menyukai apa yang anda tulis, sehingga anda tidak akan merasa bosan dan kebingungan saat ingin membuat suatu artikel baru.

Mengatasi kebuntuan ide dengan Mengenali topik blog

Jika anda sudah terlanjur menentukan suatu topik blog dan saat ini merasa kebingungan melanjutkan topik tersebut kenalilah topik dan isi blog anda terutama deskripsi blog anda. sebagai contoh : Jika anda membuat topik blog tentang service komputer kemungkinan deskripsi blog anda hanya menjelaskan tentang bagaimana cara service berbagai macam type komputer, nah jika demikian tambahkanlah deskripsi baru seperti menambahkan " cara merawat komputer dan info komputer terkini", dengan menambahkan deskripsi baru maka pembahasan tentang blog anda akan lebih luas sehingga ide baru pun akan muncul dengan sendirinya .

2. Mengepaluasi artikel yang sudah anda tulis 

Mengatasi kebingungan dan Kebuntuan ide dengan mengepaluasi artikel yang sudah dibuat

Jika saat ini anda benar benar kebingungan harus menulis artikel apa? alangkah baiknya anda coba mengepaluasi / baca kembali artikel yang sebelumya telah anda buat. Dengan mengepaluasi artikel sebelumnya kemungkinan anda akan menemukan suatu kekurangan pembahasan yang belum anda tulis pada artikel tersebut, nah dengan kekurangan pada artikel tersebut bisa anda jadikan bahan pembahasan pada artikel selanjutnya, selain untuk melengkapi isi dari artikel sebelumnya hal ini juga akan menambah kualitas pada tulisan anda.
Mengepaluasi artikel yang telah anda buat bisa memunculkan ide- ide  baru sehingga anda tidak akan mengalami kebingungan / kebuntuan dalam membuat sebuah artikel.

Baca juga : Tips membuat artikel blog berkualitas untuk pemula

3. Tulislah Artikel saat ide muncul

Mengatasi Kebuntuan ide dengan menuliskan setiap menemukan ide baru

Jangan menunda - nunda untuk menulis artikel saat ide muncul. Jika anda terbiasa menunda untuk menulis artikel hilangkanlah kebiasaan ini, karena jika anda selalu menunda untuk menulis kemungkinan tulisan anda tidak akan pernah selesai dan bahkan anda tidak akan pernah menulis ide yang anda tunda tersebut.

Menulis artikel janganlah dijadikan suatu masalah/ beban untuk diri anda, karena sejatinya menulis blog tidak hanya utuk pengunjung saja melainkan untuk diri anda. Jika anda merasa terbebani karena harus selalu mengupdate tulisan baru untuk memanjakan pengunjung setia blog anda, atau anda ingin artikel anda rapi dan terkesan berkualitas sehingga anda selalu menunda- nunda unuk menulisnya,  hal inilah yang justru nantinya akan membuat anda merasa bosan saat akan menulis dan bahkan tulisan andapun akan kurang berkualitas. Hal yang perlu anda lakukan adalah menulis saat sebuah ide muncul di kepala anda, tulisan tidak perlu anda selesaikan sekaligus dan memaksakan diri anda untuk menyelesaikan nya saat itu juga, anda bisa simpan terlebih dahulu jika anda rasa tulisan anda kurang, anda bisa menulis satu atau dua paragram ataupun satu kalimat, anda juga bisa menulis poin- poin penting saat ide tersebut muncul, hal ini dapat menghindarkan anda dari lupa akan isi artikel yang akan anda buat, dan dilain waktu anda bisa menambahkanya kembali.

Dalam menulis poin - poin artikel, anda tidak harus selalu menulisnya pada blog , anda bisa menulis ide yang anda dapat dengan menuliskanya pada buku, ataupun media lainya yang bisa menyimpan tulisan / ide anda.

Baca juga : Cara menulis artikel blog secara offline

4. Membuat Blog baru

Mengatasi Kebuntuan ide dengan Membuat blog baru dengan topik / judul blog baru

Jika anda sedang merasa bosan untuk menulis artikel dengan topik yang sama, anda bisa membuat blog baru dengan judul baru, ide ide baru dan segar yang akan membuat anda merasa fresh dan tentunya anda akan kembali bersemangat dalam menulis artikel blog. Namun perlu di dipertimbangkan juga, terlalu banyak mempunyai blog juga kurang baik, biasanya karena terlalu banyak mempunyai blog akan membuat anda kurang fokus sehingga blog - blog lain yang anda punya tidak terawat, karena kebingungan blog mana yang harus didahulukan untuk update artikel.
Sedikit cerita pengalaman saya pribadi, blog ini awalnya membahas suatu tema yaitu membahas tentang Tips blogging (nge-blog ) yang isinya tips seputar blog, kemudian saat saya mengalami sedikit kebuntuan ide dan malas, saya putuskan untuk membuat blog baru dengan topik baru, awalnya memang membuat saya bersemangat kembali, namun lama- kelamaan saya kebingungan setiap kali ingin menulis artikel, dan akhirnya beberapa blog baru bahkan blog lama terbengkalai dan tidak saya update, karena hal tersebut kemudian saya putuskan hanya membuat satu blog " INFORMASIKU " ini, dan semua ide yang saya punya saya tulis disini, anda bisa lihat beberapa pembahasan arikel yang berbaeda beda pada blog ini, ya meski saya sadari blog seperti ini bisa dibilang blog yang kurang bagus karena blog ini campur alias gado gado yang tidak mempunyai satu titik pembahasan ( topik), namun semua kembali lagi pada anda, apakah anda ingin membuat blog dengan satu topik atau membuat satu blog dengan beberapa topik yang berbeda.

5. Mengunjungi blog lain

Mengatasi kebuntuan dalam membuat artikel dengan mengunjungi blog lain

Mengunjungi blog yang diposting blogger lain sangatlah penting, selain untuk menambah wawasan, membaca artikel pada blog orang lain juga dapat memunculkan ide baru, selain itu anda juga dapat membandingkan kualitas artikel yang dibuat orang lain, dengan artikel yang anda buat, seperti membandingkan gaya penulisan, referensi, dan lainya. Tentunya hal ini akan membuat anda mengepaluasi setiap artikel yang anda buat, apakah artikel anda berkualitas atau biasa - biasa saja, karena dengan artikel yang berkualitas blog anda akan ramai pengunjung sehingga anda akan selalu bersemagat untuk menulis artikel- artikel lainya.

6. Berbagi dan berdiskusi

Mengatasi Kebuntuan dan rasa kebingungan dengan berbagi dan berdiskusi 

Berdiskusi di forum forum yang sesuai dengan topik pada blog anda atau pun forum forum lainya dapat menambah wawasan dan memunculkan ide baru sehingga anda tidak akan mengalami kebuntuan ide untuk menulis artikel. Banyak keuntungan saat anda berdiskusi selain anda dapat berbagi anda pun akan mendapatkan ilmu dan wawasan dari rekan diskusi anda., jadi sering - sering lah berdiskusi mengenai hal baru ataupun hal yang berkaitan dengan topik blog anda.

Selain berdiskusi pada forum / grup tertentu anda juga harus bisa berdiskusi dengan para pengunjung yang berkomentar, hal ini bisa pada pengunjung yang berkomentar pada blog anda sendiri ataupun pengunjung pada blog yang anda kunjungi.

Demikianlah beberapa tips jitu yang sering saya lakukan jika saya mengalami kebuntuan / kebingungan dalam menulis artikel. Semoga bermanfaat.

tags :

   

Share this :

Previous
Next Post »
6 Komentar
avatar

terima kasih gan aaartikelnya sangat membantu. sekarang saya langsung punya ide baru untuk membuat artikel.

Balas
avatar

sangat membantu banget gan, akan saya coba praktekan gan

Balas
avatar

saya setuju dengan metode seperti di atas, misalkan dengan mencari ide melalui blog walking seperti yang sudah di jelaskan. dengan begitu akan ada hal baru yang mungkin belum sempat terfikirkan / di realisasikan sebelumnya.. terimakasih tipsnya gan sangat bermanfaat

Balas
avatar

sama" gan, saya senang jika artikel sederhana ini dapat bermanfaat, karena tidak dipungkiri yang namanya kehabisan/kebuntuan ide dalam menulis artikel selalu menghampiri. terima kasih telah berkunjung.

Balas
avatar

kalo berminat disuatu bidang sih gak bakal habis ide, percaya deh. karena dia minat dan ngegali semua yang disukai.

kalo soal bener" mentok solusinya cuman cari referensi yang bagus dan tentunya seperti point nomor 6 "diskusi"

kalo soal tulis saat ada ide emng iya, tapi tanpa referensi rasanya kosong. kecuali nulisnya lebih ke personal.

Balas
avatar

Terima kasih atas masukan dan tanggapanya yang sangat bermanfaat khususnya bagi kami. jangan sungkan untuk berbagi tips. terima kasih

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔