Cara memasang iklan feed adsense dan manfaatnya

7/16/2017 02:22:00 AM

Google meluncurkan dan memperkenalkan jenis iklan baru tahun 2017 yaitu in-feed ads ( iklan didalam feed ) dan in-article ads (iklan didalam artikel ). Disini saya hanya akan membahas tentang iklan feed dan cara memasangnya pada blog.  Iklan ini sangat bermanfaat bagi para pengunjung blog/web, pengiklan dan tentunya bagi para publisher blog. sebelum kita bahas manfaat dan cara memasang ikan feed google adsense ini, kita kenali terlebih dahulu iklan feed dari sumber aslinya.

" Iklan In-feed adalah format baru yang Anda tempatkan di dalam feed untuk membantu memonetisasi situs dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik kepada pengunjung. Contohnya, feed dapat berupa feed editorial (misalnya, daftar artikel atau berita) atau listingan (misalnya, daftar produk, layanan, dsb.). Iklan In-feed adalah iklan native, yang berarti Anda harus menyesuaikan iklan agar sesuai dengan tampilan dan nuansa konten ". ( sumber : support google ).

Manfaat Iklan feed (in-feed ads)

Dari penjelasan diatas pastinya sudah jelas manfaat dari iklan feed tersebut, menurut saya selain iklan feed ini memberikan pengalaman yang lebih baik untuk pengunjung, iklan ini juga bisa mengoptimalkan pendapatan kita sebagai blogger , karena iklan yang tampil mirip dengan cuplikan artikel kita, sehingga kemungkinan pengunjung untuk mengklik iklan semakin besar. anda bisa lihat contoh tampilan iklan feed pada halaman branda ( Home) blog INFORMASIKU ini, mungkin tampilanya akan seperti gambar :

contoh iklan feed adsense pada branda 
Manfaat dan cara memasang iklan feed adsense
tampilan iklan feed pada blog


Jika di lihat iklan ini hampir mirip dengan iklan pada pengaturan tataletak iklan bilah samping dan bawah postingan, pada pengatutan konfigurasi postingan blog, namun perbedaan yang saya tahu jika iklan pada pengaturan postingan ukuranya akan lebih kecil meskipun terkadang lebih besar, dan iklan yang tampil pun hanya di branda dan dibawah postingan, nah untuk iklan feed ini tampilan pada setiap feed seperti beranda atau halaman yang mengumpulkan beberapa label tertentu (product),namun tidak akan tampil pada atikel, makanya selain iklan feed google meluncurkan iklan dalam artikel (in-article ads), iklan feed terlihat lebih natural, mirip cuplikan artikel kita karena kita dapat sesuaikan ukuran iklan ini dengan ukuran feed blog kita, iklan ini sangat cocok kita pasang pada blog kita.Setelah anda mengetahui beberapa manfaat iklan feed, sekarang saya akan berikan contoh cara memasang iklan feed pada blog.

Cara membuat iklan feed adsense (in-feed ads)

Pertama masuk pada google adsense milik anda, kemudian pilih my ads dan tambahkan iklan baru, untuk membuat unit iklan ,maka akan ada pilihan jenis iklan seperti gambar


manfaat dan cara memasang iklan feed
memilih iklan feed (in-feed ads)


pilih iklan in-feed ads dengan mengklik tulisan " select ", selanjutnya pilih tampilan iklan yang sesuai dengan feed artikel anda, agar betul betul terlihat natural, lihat gambar


Manfaat dan cara memasang iklan feed adsense
menentukan layout iklan feed


pada gambar diatas saya memilih "image on the side " karena tampilan mirip feed artikel saya. selanjutnya anda akan diarahkan pada pengaturan tampilan iklan, anda sesuaikan tampilan iklan mulai dari lebar, warna dan lainya pada menu pengaturan sebelah kanan, namun untuk ukuran lebar minimal 250px. Setelah selesai edit tampilan iklan kemudian klik save and get code untuk mendapatkan kode iklan.

Cara memasang iklan feed adsense (in-feed ads) pada blog 

Setelah anda mendapatkan kode iklan, pasang kode tersebut pada html blog anda,caranya masuk pada draf blog anda, kemudian pilih Tema untuk mengedit template html blog anda. pada laman edit htlm cari kode " <b:loop values='data:posts' var='post'> " tanpa tanda kutip dengan cara ctrl+f , biasanya terdapat lebih dari satu kode, anda bisa mencoba kode yang paling awal muncul, langkah selanjutnya adalah tambahkan kode " index='x' ", setelah kode 'post' (sebelum tanda penutup).

Selanjutnya cari kode " <div class='post-outer'> " kemudian anda copy kode berikut tepat dibawah kode tersebut :


 <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot; and data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
 <b:if cond='data:x==2'>
<div class='post'>

ganti dengan kode iklan feed anda

</div>
</b:if>
<b:if cond='data:x==4'>
<div class='post'>

ganti dengan kode iklan feed anda

</div>
</b:if>
</b:if>


pada kode diatas akan menemukan "x==2 dan x==4 " kode tersebut berguna untuk menampilkan iklan feed setelah feed artikel ke dua dan ke 4, maka iklan feed anda akan berada pada baris ketiga dan kelima, anda boleh menggantinya dengan angka berapa saja, atau jika anda ingin tiga  iklan muncul sekaligus, anda tinggal  tambahkan kode kondisi diatas sehingga menjadi tiga unit iklan.

Untuk tulisan berwarna merah, anda ganti dengan kode iklan yang sudah anda dapatkan tadi,  namun sebelum anda menambahkan kode iklan tersebut, sebaiknya kode tersebut harus sudah diparse terlebih dahulu.

baca : Cara parse kode iklan adsense

kemudian simpan pengaturan template html blog anda, setelah itu anda cek blog anda, namun jika tampilan iklan masih seperti banner ads, tunggu sampai iklan bebar-benar sesuai, mungkin sampai beberapa jam. Semoga berhasil

Sekian INFORMASIKU tentang Cara memasang iklan feed adsense dan manfaatnya. Semoga bermanfaat

tags :

  |

Share this :

Previous
Next Post »
3 Komentar
avatar

silahkan gan. terimakasih telah berkunjung

Balas
avatar

Makasih tipsnya gan...sangat membantu buat saya yang masih newbie

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔