cara menulis artikel blog secara offline

7/21/2017 04:48:00 AM
Jika sebelumnya anda menulis artikel blog secara online yang mungkin sampai menghabiskan banyak kuota internat, sampai-sampai anda berhenti menulis artikel karena menunggu adanya kuota intenet , atau menulis dengan cara offline menggunakan  MS office word dan  notepad yang nantinya harus anda copy paste ke blog anda, Kini anda tidak perlu bingung lagi, anda tinggal menggunakan  satu aplikasi ini yaitu Open live Writer. Aplikasi atau software ini berguna bagi anda yang suka menulis blog/ web artikel, secara offline. Dengan aplikasi ini anda bisa menulis artikel sebanyak mungkin, dan anda juga bisa mempublish langsung ke blog anda, ataupun menyimpanya untuk sementara dan mengeditnya kembali sewaktu -waktu.

cara menulis artikel secara offline
shorcut open live writer

Menulis artikel blog secara offline menggunakan Open Live Writer


Tidak dipungkiri dalam membuat satu halaman artikel / postingan blog saja bisa menghabiskan banyak kuota internet, sayapun awalnya begitu sering kehabisan kuota saat menulis postingan untuk blog "INFORMASIKU " ini, makanya terkadang saya suka pusing sendiri ketika terjadi hal seperti itu, karena saat saya sedang asyik merangkai kata- kata dan imajinasi yang saya curahkan lewat tulisan saya, tanpa disadari koneksi internet saya error, ataupun sambungan terputus, yang akhirnya tulisan yang sudah saya ketik harus saya copy dan saya pindahkan  karena tidak dapat saya save ataupun publish. untungnya ada teman yang memberikan saya alternatif untuk membuat postingan blog secara offline,  sehingga saya tidak perlu lagi kebingungan saat kuota intenet saya habis ataupun koneksi internet tidak bagus, karena dengan cara ini saya tetap bisa menulis artikel blog secara offline. Jika saat ini kuota anda tinggal sedikit, sebaiknya anda download terlebih dahulu software /aplikasi Open live Writer pada situs utamanya, klik tulisan Open live Writer untuk mendownload aplikasinya , agar ketika kuota intenet anda habis, anda tetap bisa menulis secara offline selayaknya menulis blog secara online.

Banyak keuntungan bila anda menulis postingan blog secara offline menggunakan Open live Writer ini, selain menghemat kuota, kulaitas atau hasil tulisanya juga akan sama ketika kita mempublishnya ke blog kita, karena anda bisa menggunkan fitur preview terlebih dahulu untuk mengecek tulisan anda.

Nah sekarang akan saya jelaskan cara menggunakan Open live Writer untuk menulis blog secara offline.
Pertama anda instal terlebih dahulu aplikasinya, ketika anda mengintalll aplikasi, anda akan diminta memasukan / mengkoneksikan akun blog anda, kareana banyak pilihan seperti blogger, wordpress dan yang lainya , pada tutorial ini saya menggunakan blogger, jadi anda pilih blogger pada pilihan jenis blog yang anda gunakan lihat seperti gambar 

cara menulis artikel blog secara offline

kemudian pilih next saja, selanjutnya anda akan diminta untuk memasukan akun yang anda gunakan,  kemudian pilih izinkan saja dan ikuti langkah -langkah installasi seperti biasa. jika anda diminta memasukan / memilih judul blog (jika anda mempunyai beberapa judul blog ) anda tinggal pilih blog yang akan anda gunakan. jika proses instalasi berhasil maka anda akan langsung melihat tampilan awal aplikasi seperti gambar 

cara menulis artikel blog secara offline

Menggunkan Open live writer untuk menulis artikel offline

keterangan sesuai nomber :
1. Informasi blog yang anda koneksikan contoh diatas menggunakan blog "INFORMASIKU" jika anda mempunya beberapa blog anda tinggal pilih pada combo box tersebut .
2. Tombol ini berguna ketika kita akan mengirinkan artikel yang sudah dibuat kedalam draf blog, jika anda ingin mempublikasikan langsung blog anda, pilih saja tombol bola dunia di pojok kiri atas.
3. Untuk nomor tiga , merupakan label/ nama label blog kita, jika anda ingin menambahkan beberapa label anda tinggal centang pada tombol pilihan tersebut.
4. Nomor empat ini adalah bagian judul blog anda, untuk menulis artikel anda bisa langsung mengetik dibawah judul blog, 
5. Tombol preview, pada aplikasi ini memungkinkan anda me preview blog sebelum anda mentrasfer artikel anda pada blog anda yang sebenarnya, 
6. Tombol source , tombol ini berguna ketika anda ingin mengedit atau menambbahkan kode html ataupun javascript pada artikel anda.

Semua data / tulisan yang kita tulis akan masuk pada folder drap aplikasi secara otomatis ketika kita save tulisan kita, untuk mengetahuninya anda cek pada my document ( jika saat menginstal aplikasi secara default ) kemudian cari folder my weblog post kemudian cari folder draft, jika artikel anda sudah anda publish pada blog anda, data tidak akan hilang, melainkan dipindahkan pada folder recent posts.  


Aplikasi ini memungkinkan kita untuk mengupload file gambar maupun vidio, sehingga anda tidak akan mengalami kesulitan jika ingin mengupload gambar, anda tinggal klik menu atau tombol pada pojok atas sebelah kanan layar. Jika anda sudah terbiasa menggunakan MS office word maka anda tidak akan mengalami kesulitan menggunakan aplikasin ini, karena sebagian menu dalam aplikasi ini mirip dengan MS office word. Namun perlu diingat ketika anda ingin mengirimkan artikel anda ke blog, tentunya anda harus sedang online, agar aplikasi dapat terkoneksi dengan blog anda.


Cukup mudah kan ? jadi sekarang anda bisa menulis artikel blog tanpa pusing memikirkan kuota internet, heheh. Masih banyak fitur atau menu yang belum dapat saya jelaskan disini karena mungkin akan terlalu panjang , jadi anda belajar sendiri ya. heheh


Sekian INFORMASIKU berbagi tips " cara menulis artikel blog secara offline" . Semoga bermanfaat.


tags :

  | |

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔