Sanksi bagi pengguna kartu yang tidak registrasi ulang

Sanksi bagi pengguna kartu yang tidak registrasi ulang. Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo) mulai menggulirkan aturan baru terkait registrasi pelanggan jasa telekomunikasi di Indonesia. Melalui aturan ini, para pelanggan diharuskan mendaftarkan /registrasi dirinya saat membeli SIM card baru, dan melakukan pendaftaran ulang bagi pelanggan lama, dan akan memeberikan sanksi bagi pelanggan yang tidak melakukan registrasi.

Sanksi bagi pengguna kartu yang tidak registrasi ulang

Seperti yang kita ketahui, bahwa KOMINFO telah menyebar/mengirim pesan pada setiap pengguna kartu /simcard sejak beberapa bulan kebelakan, dalam pesan tersebut menjelaskan bahwa pelanggan wajib registrasi ulang nomor prabayar dengan validasi Nomor Induk Kependudukan dan Nomor Kartu Keluarga. 

Berikut ini adalah gambar pesan yang dikirimkan kominfo :

cara registrasi dan Sanksi bagi pengguna kartu yang tidak registrasi ulang
contoh pesan dari kominfo


Peraturan registrasi ini sendiri tercantum dalam Peraturan Menteri (PM) No. 14 Rahun 2017 yang merupakan revisi dari PM No.12 Tahun 2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi.

Aturan tersebut sebenarnya mempunyai banyak tujuan yang tentunya positif, salahsatunya yaitu untuk mencegah bahkan menghilangkan tindakan penyalahgunaan media komunikasi. karena yang kita ketahui beberapa tahun ini sangat banyak pelanggaran dan penyalahgunaan media komunikasi ini, seperti mengirimkan pesan palsu/hoax, dan lain sebagainya. 

 baca juga :
 - Cara daftar dan registrasi ulang kartu prabayar
 - Mengenal Perbedaan kartu Prabayar dan Pascabayar
 - Cara Mudah Cek Nomor Kartu Indosat IM3 dan Mentari








Dengan adanya registrasi ini, diharapkan para pengguna akan lebih aman dan nyaman menggunakan media komunikasi ini.

Lalu apakah ada sanksi jika tidak melakukan registarasi ?

Sanksi bagi pengguna kartu yang tidak registrasi


Sementara bagi pengguna ponsel yang tidak melakukan pendaftaran/ registrasi ulang, pemerintah akan melakukan tindakan tegas. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Ahmad M Ramli menjelaskan, sanksi akan diberikan bagi pelanggan yang tidak melakukan registrasi hingga batas akhir.

Menurutnya, sanksi akan diterapkan bertahap. Pada tahap awal, pemerintah akan memblokir layanan panggilan telepon dan SMS bagi pelanggan yang tak melakukan registrasi hingga 30 hari setelah batas akhir, yakni 30 Maret 2018.

Setelah mengetahui sanksi tersebut, sebaiknya anda segera melakukan registrasi kartu prabayar anda, agar anda tidak dikenakan sanksi seperti yang telah dijelaskan.

tags :

  | |

Share This Post :

Previous
Next Post »

1 komentar untuk Artikel ini:

Write komentar untuk Artikel ini
Friday, 3 November 2017 at 01:37:00 GMT-7 delete

Ih.... Ngeri juga ya mas, Alhamdulillah, udah registrasi kartu, tinggal tenang-tenang aja deh

Reply
avatar