Cara Membuat Package Installer Menggunakan Visual Studio 2010

Membuat Package Installer / Setup aplikasi di Visual Studio sering disebut dengan Deployment. Deployment adalah cara untuk memaketkan (Package) aplikasi yang sudah kita buat sehingga mudah untuk digunakan atau bahkan di distribusikan. Membuat Package Installer biasa dilakukan (saya) ketika aplikasi masih dalam tahap pengembangan ataupun testing, karena dengan mempackage aplikasi terutama pada visual basic kita dapat menginstal aplikasi kita pada beberapa komputer lain meskipun kita tidak mengcopy filenya terlebih dahulu. Karena saya sering mengalami bugs atau error saat aplikasi dijalankan / testing pada komputer yang lain, padahal saat kita run/ jalankan pada komputer kita, aplikasi tidak mengalami error, maka cara ini sangat bermanfaat ketika saya ingin testing aplikasi yang saya buat menggunakan visual basic (vb).

Selain dengan cara membuat package installer anda juga bisa membuat file berextensi .exe pada project aplikasi yang di buat pada vb agar nantinya dapat digunakan di banyak komputer. Pada tutorial ini saya akan bahas langkah - langkah untuk membuat package installer pada Visual Basic 2010.

Langkah - langkah untuk membuat package installer sebagai berikut :


1. Buka proyek yang sudah anda buat pada visual basic (vb).
2. Klik Kanan Solution pada Solution Explorer kemudian pilih Add > New Project.

Cara Membuat Package Installer Menggunakan Visual Studio 2010

3. Pada kotak dialog New Project, pilih Other Project Types > Setup and Deployment >
Visual Studio Installer dan pilih Setup Wizard.

Cara Membuat Package Installer Menggunakan Visual Studio 2010


Untuk name, anda bisa rubah / sesuaikan dengan nama aplikasi yang di buat, jika diatas saya menggunakan default yaitu Setup1. Langkah selanjutnya tinggal klik OK akan ada muncul form setup project wizard, anda klik next saja.

4. Pada form choose a project type anda pilih Create a setup for Windows application, dan klik next.

5. Selanjutnya pada form choose project output  to include. pada form ini akan terdapat 7 pilihan checlist box untuk anda sertakan pada aplikasi. Jika anda hanya ingin melakukan Deploy aplikasi tanpa sumber atau dokumentasi (hanya file .exe dan .dll), maka anda pilih Primary Output, dan Content Files. kemudian Next


Cara Membuat Package Installer Menggunakan vb.net

6. Pada form Choose file to include tambahkan file yang ingin anda sertakan seperti file readme, lisensi dan sebagainya, jika tidak ada file yang akan disertakan anda bisa kosongkan dan klik next.

Membuat Package Installer Menggunakan Visual Studio 2010

Kemudian pilih finish.

7. Kemudian anda masuk ke dalam Solution Explorer. pilih dan klik kanan pada Setup1,
pilih Build.
http://www.cianjurku.com/2017/08/cara-membuat-package-installer.html

Setelah proses build selesai, selanjutnya anda cek pada folder aplikasi anda, maka akan terdapat folder baru yaitu folder Setup1, buka pada folder tersebut, masuk pada folder debug kemudian anda akan menemukan 2 file setup1, anda klik file Setup1 yang bertype windows installer package, file inilah output dari package yang anda buat yang nantinya bisa anda gunakan untuk proses installasi aplikasi. 

Salah satu kelebihan melakukan Package Installer ini, anda bisa mengedit aplikasi jika memang ada yang perlu anda tambahkan, untuk mengeditnya anda tinggal buka file Setup1  yang bertype visual studio deployment project pada folder Setup1. 


Sekian semoga bermanfaat.

tags :

  | |


Share This Post :

Previous
Next Post »