Tips agar baterai laptop tidak cepat ngedrop


Tips agar baterai laptop anda tidak cepat ngedrop. 


Baterai laptop yang ngedrop  atau cepat habis merupakan suatu masalah bagi pemilik atau penggunaya, kenapa demikian ? karena salah satu fungsi yang ideal laptop adalah agar bisa digunakan dimana saja karena laptop bisa digunakan tanpa memerlukan koneksi atau sambungan daya listrik secara langsung, karena pada laptop terdapat baterai yang dapat menyimpan daya / aliran listrik  ( listrik cadangan ) sehingga dapat digunakan dimana saja dan kapan saja, berbeda dengan pc yang tidak mempunyai baterai, sehingga harus selalu terhubung dengan aliran listrik secara langsung dan tentunya sedikit tidak memungkinkan untuk selalu dibawa kemana saja. Namun apa jadinya jika baterai laptop anda ngedrop  atau cepat habis ? anda pasti tahu jawabanya jika baterai laptop anda sendiri ngedrop. heheh

Tips agar baterai laptop tidak cepat ngedrop
laptop


Berbicara laptop, barang satu ini pasti sudah tidak asing lagi, suatu barang yang mempunyai ukuran tidak terlalu besar namun fungsi dan kegunaanya begitu sangat besar dan penting, karena ringan sehingga laptop mudah untuk dibawa kemana saja, namun ada sedikit kendala jika baterai laptop tersebut cepat habis / ngedrop, tentu laptop anda harus selalu terhubung dengan sumber  arus listrik. Jika kedapatan baterai laptop anda ngedrop atau cepat habis sebaiknya anda cepat – cepat menggantinya dengan yang baru agar baterai anda tidak ngedrop lagi heheheh.

Disini saya akan memberikan tips agar baterai laptop anda tidak cepat ngedrop, tips yang saya berikan ini berdasarkan pengalaman  saya pribadi, namun jika menurut anda tips yang saya berikan ini kurang bermanffat anda abaikan saja.  Nah sebelum saya membahas tips agar baterai laptop tidak ngedrop  ada baik anda kenali terlebih dahulu apa penyebab baterai laptop cepat habis agar kelak anda lebih hati hati dalam menggunakan leptop anda dan baterai laptop anda pun akan awet.


Mengenali penyebab baterai laptop cepat habis atau ngedrop.


Sebenarnya banyak factor yang mengakibatkan baterai laptop anda cepat ngedrop, namun disini saya akan menjelaskan beberapa faktor penyebab baterai laptop ngedrop yang saya ketahui, faktor pertama adalah karna baterai rusak, banyak hal yang bisa dikatakan baterai rusak, bisa rusak fisik ataupun rusak secara fungsional, jika secara fisik mungkin banyak hal penyebabnya seperti sering terjatuh, terkena air ataupun konslet,dan sebagainya. Jika secara fungsional, karena melemahnya atau berkurangnya daya tampung baterai,banyak penyebab yang mengakibatkan berkurangnya atau kurang oftimalnya  fungsi baterai,  sepeti umur baterai yang sudah terlalu tua, wajar saja bila baterai yang umurnya sudah lama akan cepat ngedrop atau habis karena fungsi dari bateraipun sudah berkurang sehingga bisa dikatakan rusak, yang namanya barang elektronik tidak dipungkiri semakain tua akan  semakin berkurang juga fungsinya. Jika anda rasa baterai anda ngedrop karena umur baterai sudah terlalu lama/ tua sebaiknya anda mengganti baterai dengan yang baru .

Faktor lainya yang membuat baterai laptop cepat ngedrop adalah seringnya kelebihan daya atau seringnya membiarkan laptop anda mati dikarenakan daya / baterai anda habis .Memporsir atau memaksakan baterai anda hingga batas akhir ( 0 % ) daya baterai anda akan  mengakibatkan buruk pada baterai anda selain itu laptop anda pun akan rentan terhadap kerusakan , entah itu system ataupun hardware laptop  anda . Jadi sebaiknya jangan terlalu sering memaksakan daya baterai laptop anda kosong. Selain itu kelebihan daya pun akan memicu kerusakan pada baterai laptop anda, karena semakain lama baterai anda terhubung pada arus listrik, semakin bertambah juga daya yang ada dalam baterai, maka bateraipun akan semakin panas karena harus terus menerima aliran listrik yang melebihi kapasitas baterai tersebut.

 Faktor lainya adalah seringnya mencopot atau bongkar pasang baterai. Mungkin banyak yang setuju atau tidak setuju dengan penyebab yang satu ini, saya sendiri awalnya tidak setuju jika salah satu penyebab baterai cepat ngedrop di karenakan terlalu sering bongkar pasang baterai,  namun setelah saya pelajari memang bisa jadi salah satu penyebab  baterai ngedrop adalah sering bongkar pasang baterai, karena jika baterai laptop sering di bongkar pasang besar kemungkinan soket / lempengan yang menjadi penghubung arus input dan output akan mudah longgar dan rusak, nah karena soket tersebut longgar hal tersebut yang mengakibatkan tidak stabilnya arus listrik yang masuk ataupun keluar, sehingga sangat rentan terhadap kerusakan baterai.

Mungkin anda pernah mendengar saran, jika ingin baterai laptop awet jangan memasang baterai ketika saat menggunakan charger, dengan kata lain baterai laptop harus di copot ketika menggunakan arus listrik secara langsung menggunakan charger,  memang saran ini tidak salah, saya pun pernah mencobanya, namun apa jadinya jika pada saat anda mengerjakan suatu tugas penting atau hal lainya di laptop anda kemudian tiba- tiba listrik padam dan anda belum menyimpan tugas yang anda kerjakan tersebut, wah pastinya repot banget dan kesal, benar tidak ? saya pun pernah mengalami hal seperti itu. Akan  tetapi  yang lebih ditakutkan adalah jika tiba-tiba ada gangguan listrik seperti konsleting listrik , bisa – bisa laptop anda rusak karena ketika terjadi konsleting tidak ada penahan atau penghambat yang menghambat listrik ke laptop anda, sehingga konsleting listrik tersebut merusak system hardware anda . setelah saya pelajari bahwa baterai laptop selain sebagai menyimpan daya listrik ternyata baterai dapat menahan atau menghambat kerusakan yang diakibatkan konsleting listrik, jika suatu saat terjadi konsleting listrik atau semacamnya paling yang rusak hanya sampai baterai laptop saja, tidak sampai merusak system atau bagian hardware lainya, karena baterai akan otomatis memutuskan arus listrik ke laptop anda,  jadi  sebaiknya jagan mencopot baterai ketika laptop terhubung dengan aliran listrik.

Nah sekarang saya berikan tips agar baterai anda tidak ngedrop atau cepat habis.


Pasang charger pada laptop sebelum memasang colokan pada sumber daya (listrik).
Jika biasanya anda memasang charger atau colokan ke sumber daya terlebih dahulu ke sumber listrik sebelum memasang colokan ke laptop, sekarang anda pasang kebalikanya,  pada dasarnya kegunaan charger adalah mengubah arus AC menjadi DC , trus apa hubunganya dengan memasang charger ke laptop terlebih dahulu ? charger tersebut hanya menyimpan daya / listrik  yang sedikit atau sesaat , kemudian mentransfer daya tersebut ke laptop , karena sifat kerjanya hanya sebagai jembatan, makanya arus listrik yang keluarpun harus langsung diterima oleh baterai, karena jika anda memasang charger terlebih dahulu pada sumber listrik, listrik yang ada pada charger akan terus bertambah, makanya ketika charger terhubung ke sumber listrik terlalu lama dan anda tidak menggunakanya ke laptop charger akan semakin panas, begitupula ketika anda anda mengkoneksikanya ke laptop maka hentakan arus listrik pun akan besar dan tidak seimbang, hal tersebut yang dapat mengakibatkan baterai anda cepat ngedrop. Saran saya sebelum anda memasang charger ke sumber listrik sebaiknya anda pasang terlebih dahulu charger pada laptop anda,  selain dari menjaga baterai laptop  tidak ngedrop charger andapun akan awet.

Jangan sering memaksakan daya baterai kosong
Baterai laptop bisa di ibaratkan juga seperti manusia, jika manusia perlu makan, perlu istirahat, begitupun baterai, selain dari penggunaan yang tidak berlebihan atau tidak di porsir terus menerus, penggunaan baterai pada batas maksimum pun harus diperhatikan, jangan sampai baterai anda selalu kosong, sampai 0% seperti yang saya jelaskan diatas, biasanya system computer akan memberikan pesan kepada pengguna jika daya baterai telah sedikit, anda bisa seting  pada pengaturan system computer anda untuk mengaturnya, saya sarankan untuk menyeting minimal daya 5 – 10%, jika kedapatan baterai anda kurang dari 5 % tapi anda tidak membawa charger, sebaiknya anda matikan dulu laptop anda dan jangan memaksakan sampai daya baterai kosong.

Melepas charger ketika daya baterai penuh
Salah satu penyebab baterai cepat ngedrop adalah kelebihan daya,  ketika baterai anda sudah full ( 100% ) sebaiknya anda copot charger anda, karena sifat baterai adalah menyimpan dan mentransfer daya listrik, tentunya baterai mempunyai kapasitas yang terbatas, nah jika kapasitas baterai terlalu penuh maka lama kelamaan baterai akan panas, hal tersebut yang mengakibatkan baterai bocor / loss. Jadi pada saat kapasitas baterai sudah full sebaiknya charger anda copot dan anda pasang kembali ketika anda rasa harus menambah daya, selain itu gunakan charger yang mempunyai input dan output volt ( v ) sesuai dengan baterai  laptop anda dan berstandar agar selalu aman.

Cara diatas merupakan cara yang saya gunakan , dan Alhamdulillah laptop saya sudah menemani saya lebih dari 3 tahun, belum pernah saya mengganti baterai laptop saya,  dan baterai laptop saya aman – aman saja. Hehe heheh    Anda boleh mencoba dan membandingkanya dengan cara yang sebelumnya anda gunakan.

Baca juga : Cara mengganti keyboard Laptop Toshiba satellite L735


Sekian tutorial INFORMASIKU tentang " Tips agar baterai laptop tidak cepat ngedrop ". Semoga bermanfaat.

tags :

 

Share This Post :

Previous
Next Post »