Ayo bayar pajak kendaraan

Ayo bayar pajak kendaraan

ayo bayar pajak kendaraan ke cianjur
Banyak yang bertanya : Apakah polisi berhak menindak / menilang bagi pengendara motor yang STNK-nya belum di perpanjang atau pajak kendaraanya belum dibayar ?. Sebelum menjawab pertanyaan diatas saya akan sedikit menceritakan pengalaman saya pada rekan ". Pernah suatu ketika ( pada tahun 2008 ) saya mengendarai sepeda motor bersama rekan saya di jalan raya tepatnya di Cianjur, pada saat itu kedapatan sedang ada rajia kendaraan bermotor ( bahasa di tempat saya ), namanya juga lagi raji otomatis stiap kendaraan ( mungkin beberapa ) pasti di minta berhenti dan di mintai memperlihatkan surat " kendaraanya, alhamdulillah pada saat itu semua surat - surat kendaran saya lengkap, SIM, STNK, namun pada waktu itu STNK saya telat ( belum di perpanjang ) 5 bulan, tapi alhmdulillah saya tidak kena tilang

Kemudian pada beberapa waktu lalu saat saya mengendarai sepeda motor saya, kebetulan saat itu ada rajia kendaraan bermotor lagi, seperti biasa saat melintas saya diminta berhenti dan diminta memperlihhatkan surat - surat  kendaraan saya, kebetulan pajak STNK kendaraan sata masih hidup ( teregistrasi ) namun tinggal satu bulan lagi sampai tenggang waktu registrasi. 

Nah saat itu pak polisinya menyarankan kepada saya untuk meregistrai STNK ( pajak ) kendaraan, karena jika nanti kedapatan STNK kendaraan belum diregistrasi / di perpanjang maka pengendara akan kena tilang, begitu kata pak polisi tersebut. Mendengar pak polisi berkata seperti itu, saya pun bertanya " pak ko bisa ditilang ? bukanya selama STNK atau plat nomor motor nya belum habis berati motor saya masih sah "hidup" ?  dan waktu itu juga saya pernah kena rajia, dan saat itu STNK saya habis tapi tidak di tilang ? " kemudian pak polisi tersebut berkata " memang benar, beberapa tahun lalu belum ada aturan tentang penindakan / tilang untuk STNK yang belum di registrasi, namun untuk saat ini ada peraturan baru tentang penindakan bagi kendaraan yang belum di registrasi ( belum bayar pajak) yaitu polisi berhak menindak bagi para pengendara kendaraan bermotor yang melum meregistrasi kendaraannya sesuai dengan ketetapan undang - undang yang berlaku. Saat itu saya bilang iya aja meskipun saya belum tahu undang - undang yang baru itu seperti apa, dan untungnya perlengkapan berkendara saya komplit, seperti menggunakan membawa SIM, STNK, helm berstandar SNI, jaket, sepatu dan lampu juga dinyalakan, jadi alhamdulillah tidak kena tilang.

Setelah itu saya nyari - nyari info tentang peraturan atau undang - undang yang dimaksudkan pak polisi tersebut , berikut ini peraturan atau undang - undang yang mengatur tentang pajak registrasi untuk STNK.

Ayo bayar pajak kendaraan


Undang Undang Negara Republik Indonesia No. 22 Tahun 2009, diantaranya pada Pasal 288 ayat (1), "Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (5) huruf a dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp. 500.000,00 (Lima Ratus Ribu Rupiah)." Dan peraturan 

Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor. Pasal 37 ayat (2) yang berbunyi, "STNK berfungsi sebagai bukti legitimasi pengoperasian kendaraan bermotor." Dan ayat (3) yang berbunyi, "STNK berlaku selama 5 (lima) tahun sejak tanggal diterbitkan pertama kali, perpanjangan atau pendaftaran mutasi dari luar wilayah regident dan harus dimintakan pengesahan setiap tahun.


Jadi untuk menjawab pertanyaan diatas adalah " Polisi bisa / berhak menilang pengendara kendaraan bermotor yang kedapatan belum meregistrasi ( bayar pajak ) kendaraan bermotornya "

Saran saya jika anda belum membayar pajak kendaraan anda sebaiknya anda cepat membayar pajak kendaraan anda, meskipun saat ini biaya untuk pajak kendaraan naik drastis dari tahun sebelumya, namun akan lebih ribet jika anda sudah kena tilang, anda harus meluangkan waktu untuk sidang dan pajak kendaraan juga harus tetap dibayar benar toh, jadi rugi dua kali kan hehehe. Jadi Ayo bayar pajak kendaraan secepatnya, dan jangan lupa jadilah pengendara yang baik dan patuhi peraturan lalulintas.

Baca juga :

Sekia INFORMASIKU tentang " Ayo bayar pajak kendaraan ". Semoga bermanfaat.



tags :

 



Share This Post :

Previous
Next Post »