cara menjalankan project android di hp

Cara menjalankan project android di hp. Pada tutorial INFORMASIKU kali ini saya akan berbagi cara menjalankan ( run ) project aplikasi android di device ( handphone ) dengan cara setting mode usb debuging atau mengaktifkan opsi pengembang di android.

Seperti biasa untuk tutorial membuat aplikasi android saya masih menggunakan eclipse, banyak keuntungan dengan mengetes project android kita di device android, selain ringan atau cepat, keuntungan lainya menjalankan project android kita di android secara langsung adalah untuk mencoba apakah tampilan ( UI ) aplikasi kita sesuai dengan yang kita harapkan, karena saya sendiri pernah mengalami, ketika project saya  di run di emulator, tampilanya sesuai dengan yang kita buat, tetapi pas saya coba instal di android saya tampilanya banyak yang berubah, hal itu biasanya dikarenakan support dari hp android kita sendiri, makanya sekarang saya menggunakan hp android saya untuk mengecek aplikasi saya agar tampilanya sesuai dan mengecek apakah aplikasi kita support untuk di jalankan di android.

Sedikit perlu di ingat meskipun banyak keuntungan dengan me-run aplikasi kita di device android kita, tapi ada juga sisi negatifnya ( kerugianya ), diantaranya yang saya rasakan ( setelah beberapa puluh kali saya me-run aplikasi di device ) android saya menjadi sering loading ( lemot ), dan memory penyimpananpun sedikit berkurang bahkan android teman saya sampai mati, gara - gara sering me-run project aplikasinya di HP androidnya, meskipun sekarang sudah di perbaiki heheh. Tapi jika anda masih ingin mencoba untuk menjalankan project android langsung di device anda, tidak salahnya anda mencoba tips saya berikan berikut ini agar android anda tidak lemot, dan tetap lancar.


cara menjalankan project android di hp
- Jika anda menjalankan project android di device sebaiknya kapasitas baterai android dan baterai laptop anda berkisar antara 30% - 90 %, kenapa harus demikian ? saya juga belum tahu penjelasan mengenai hal tersebut, akan tetapi itu saran dari teman saya, dan saya sedikit berlogika saja untuk menjawab pertanyaan tersebut, jika baterai android anda kurang dari 50% hal yang di khawatirkan adalah ketika anda me run project aplikasi anda dan baterai anda tidak mencukupi otomatis android dan laptop anda akan mati, karena saat anda menjalankan eclipse, maka batrai laptop anda lebih cepat habis, dan aanda tidak akan bisa menjalankan project anda.

Meskipun hal ini sedikit terdengar lelucon, tapi anda coba saja sendiri menjalankan project anda menggunakan device dan kapasitas baterai anda dibawah 30 %. Kenapa saya membarikan informasi yang mungkin menurut anda tidak penting, tapi menurut saya penting !!! karena teman saya telah mencobanya beberapakali dengan kapasitas baterai dibawah 30 % yang akhirnya hp androinya mati, ya meski saya tidak tahu apakah itu penyebabnya atau ada hal lain. Hal kedua kenapa saya sarankan hanya sanpai 90 % ? karenaka pada saat android tersambung dengan laptop/ pc menggunakan USB, secara otomatis baterai di android anda akan terus bertambah, nah mungkin hal tersebut yang dapat mengakibatkan baterai kelebihan daya ( kapasitas ) makanya batrai android cepat ngeDrop dan menjadi lemot.

- Jika anda menjalankan project android di device, sebaiknya setelah anda menjalankan aplikasi anda, aplikasi tersebut anda hapus ( uninstall ), kecuali jika aplikasi anda sudah tahap testing, karena jika masih tahap pengerjaan mungkin aplikasi tersebut masih belum berguna, dan hanya akan memberatkan android anda dan mengurangi kapasitas memory.
Dua tips diatas boleh anda coba ataupun tidak itu tergantung diri anda, tapi tips di atas saya pakai sampai saat ini dan alhamdulillah HP android saya lancar- lancar saja.

cara menjalankan project android di hp


Pada dasarnya eclipse sudah menyediakan android emulator, namun pengalaman saya untuk menjalankan project android kita di emulator bawaan ini sedikit lelet ( lama ) mungkin karena terlalu berat, apalagi jika spesifikasi laptop / pc kita kurang memadai seperti laptop yang saya gunakan,, jadi jika spek laptop anda kurang memedai anda bisa pergi ke toko laptop dan membeli laptop yang speknya lumayan tinggi,,, heheh canda ko,,, jangan terlalu serius.....

Nah untuk menyiasati hal tersebut, seperti saya, karena saya belum punya duit untuk beli laptop baru, jadi saya menggunakan HP android saya untuk tes project aplikasi saya, meskipun banyak cara untuk run aplikasi selain dengan HP, seperti menggunakan emultor genymotion, katanya sih lumayan ringan, cuma saya belum coba, karena ukuran file downloadnya lumayan  besar kuota gak cukup bos heheh.

Jika anda ingin coba run aplikasi anda di devisce android tidak salahnya anda coba cara yang saya tulis pada tutorial kali ini. Biasanya untuk menjalankan aplikasi di android langsung atau disebut Teknik Debug langsung, untuk menjalankan teknik ini syaratnya adalah device android kita harus terhubung dengan laptop / pc kita. Agar device android kita dapat digunakan untuk menjalankan projeck kita dan dikenali oleh eclipse ikuti langkah - langkah berikut :

cara menjalankan project android di hp.


Atur settingan  hp anda sebagai android pengembang ( Development )
  langkah ini sangat penting karena jika device anda belum di setting ke menu pengembang, biasanya   device anda tidak dapat terkoneksi dengan eclipse ( mungkin ini tidak akan berlaku untuk android       versi terbaru ). Untuk mengatur settingan device anda langkah pertama adalah buka android anda, kemudian masuk ke pengaturan ( setting ), kemudian cari menu About dan klik maka anda akan di bawa ke menu informasi android anda seperti gambar

cara menjalankan project android di hp

kemudian klik pada software information, maka akan muncul tampilan seperti berikut


cara setting usb debunging atau opsi pengembang di android
Pada menu Nomor bentukan klik 8 kali, tapi terkadang untuk android yang lain berbeda yaitu 9 kali, anda coba saja. jika muncul pemberitahuan / toas " selamat android anda berada di mode pengembang" berarti settingan pada android anda telah berhasil dan hasilnya seperti berikut ( muncul menu opsi pengembang " seperti gambar berikut 

cara menjalankan project android di hp

kemudian aktipkan Opsi pengembang device anda dan centang pada mode debuging usb seperti gambar paling atas di tulisan ini.


cara menjalankan project android di hp.


Langkah selanjutnya adalah buat koneksi ( sambungan ) device ke laptop
Setelah device anda disetting seperti langkah diatas, langkah selanjutnya adalah membuat koneksi device anda ke laptop menggunakan perangkat USB, tapi dengan syarat anda sudah menginstal google usb drivers agar nantinya dapat dikenali oleh laptop anda, untuk menginstal google usb drivers ikuti langkah - langkah berikut :

Setelah anda menyambungkan perangkat andrid anda ke laptop, klik kanan my computer atau computer management dari windows explore lalu pilih manage, kemudian pilih Device manager >> Portable devices dan pilih device android anda seperti gambar 

http://www.belajarkomputerdasarku.xyz/2017/01/cara-menjalankan-project-android-di-hp.html

kemudian update 

http://www.belajarkomputerdasarku.xyz/2017/01/cara-menjalankan-project-android-di-hp.html

jika berhasil terupdate sekarang masuk ke settingan eclipse anda, buka eclipse anda kemudian klik pada Android SDK manager lihat tampilan seperti berikut

http://www.belajarkomputerdasarku.xyz/2017/01/cara-menjalankan-project-android-di-hp.html



Pada tampilan gambar diatas sudah terinstal Jika pada android SDK anda belum muncul / belum terinstal google usb drivers anda perlu mengupdatenya terlebih dahulu.
Jika google usb drivers anda sudah terinstal selanjutnya buka android project kita atau jika belum membuat project anda bisa lihat cara membuat project android di eclipse. Jika anda sudah membuat project, buka project anda kemudian masuk ke AndroidManifest.xml kemudian masuk ke menu Application, cari kolom Debuggable dan isikan typenya dengan true.


http://www.belajarkomputerdasarku.xyz/2017/01/cara-menjalankan-project-android-di-hp.html


tapi terkadang untuk setting AndroidManifest.xml ini tidak perlu dilakukan,
Sebelum anda run project aplikasi anda sebaiknya anda cek kembali setting USB debuging pada device anda, dan anda aktifkan.

cara menjalankan project android di hp


Sekarang coba anda jalankan project anda dengan cara klik kanan pada project android anda pilih pada list item menu Run AS >> Run configuration >> Target >> pilih Always prompt to pick device >> klik Run, jika nama device muncul berarti project anda siap untuk di jalnkan di device kemudian klik run, perhatikan gambar berikut, pastikan kolom State pada device anda telah online, jika belum coba anda copot koneksi usb anda , dan koneksikan ulang.

cara menjalankan project android di device


perhatika project anda akan langsung runnig di device, tanpa memerluka emulator android lagi, dan otomatis aplikasi anda akan terinstall di device android anda seperti pada gambar berikut :

cara menjalankan project android di hp


Kini anda bisa jalankan aplikasi anda dan mengecek apakah aplikasi anda sesuai dengan apa yang anda buat, dan aplikasi anda sudah siap di distribusikan, akan tetapi sebelum anda mendistribusikan aplikasi anda tentunya anda harus melakukan package aplikasi kita, meskipun sebenarnya file....(dot)apk sudah merupakan package aplikasi yang kita bangun, namun sangat di anjurkan sekali menyertakan sertifikat pada aplikasi kita sebagai bukti bahwa aplikasi tersebut benar - benar aplikasi yang kita bangun / develop, untuk cara mempackage aplikasi dan mendistribusikanya ke market android ( google play store ) anda dapat membaca tulisan saya cara upload aplikasi android ke play store.
Sekian INFORMASIKU tentang  " cara menjalankan project android di hp ".
Semoga bermanfaat, Salam programmer.

tags :

Cara runing aplikasi di device android
Teknik debug aplikasi di device


Share This Post :

Previous
Next Post »